7 Gunung Berapi di pulau Jawa

Gunung-gunung berapi di Pulau Jawa

Pulau jawa, merupakan salah satu dari sekian banyak kepulauan nusantara yang terkenal dengan kesuburan tanahnya. Dahulu kala, pulau Jawa di kenal dengan nama pulau Javadipa yang artinya pulau penghasil beras. Kesuburan tanah pulau jawa tidak terlepas dari peranan berbagai gunung berapi yang tersebar disepanjang pulau dari timur ke barat. Gunung-gunung berapi tersebut antara lain:
G. Semeru

1. Gunung Merapi
Gunung Merapi mempunyai ketinggian 2.914 meter dpl terletak di perbatasan antara jawa tengah dan DKI Yogyakarta. Panorama alamnya sangat mempesona. Namun di sebaliknya tersembunyi bahaya yang setiap saat siap mengintai siapa saja yang berada di sekitarnya. Gunung Merapi merupakan salah satu dari 10 gunung berbahaya di dunia seperti Mount Vesuvius (italy), Sakurajima (Jepang), Galeras (Columbia).

2. Gunung Semeru
Gunung Semeru merupakan Gunung tertinggi di pulau Jawa. Terletak di propinsi Jawa Timur, tepatnya di kabupaten Lumajang. Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3.676 meter dpl dan merupakan salah satu dari 129 gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Meskipun letusannya relatif kedil, namun berlangsung setiap hari yang keluar dan kawahnya yang bernama Jonggring Saloka. Namun karena usaha yang cukup gigih dari pemerintah dengan salah satu proyeknya yang di kenal dengan Proyek Semeru, hingga saat ini aktivitas gunung Semeru menjadi terkendali.



3. Gunung Bromo
Merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal dengan objek wisata gunung bromo. Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter dpl dan terletak di perbatasan tiga kabupaten yaitu kabupaten Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah besar yang berdiameter +/- 800 meter. Radius 4 km dari pusat Kawah di tetapkan sebagai daerah rawan bahaya.

4. Gunung Galunggung
Mempunyai ketinggian 2.167 meter dpl. Terletak di kabupaten Tasikmalaya 17km dari pusat kota. Telah beberapa kali meletus sejak dan yang paling dashyat adalah letusan yang terjadi pada tahun 1822 dimana korban jiwa mencapai 4.011 jiwa dan menyebabkan kerusakan sepanjang radius 40 kn dari puncak gunung. Letusan terakhirnya terjadi pada tahun 1982 yang terjadi selama 9 bulan dan berakhir pada 8 januari 1983.

5. Gunung Kelud
Terletak di daerah perbatasan antara kabupaten Kediri dan Blitar, mempunyai ketinggian 1.731 meter dpl. Aktivita terakhir terjadi pada tahun 2007 dimana terjadi peningkatan suhu, gempa tremor dengan amplitudo besar tetapi tidak terjadi letusan.

6. Gunung Tangkuban Perahu
Terletak 20 km ke arah utara kota Bandung. Mempunyai ketinggian 2.084 meter dpl. Terkenal dengan barbagai legenda rakyat yang mendunia. Salah satunya adalah Legenda Sangkuriang.

7. Gunung Krakatau
Merupakan gunung berapi yang terletak di tengah laut tepatnya di tengah selat Sunda. Ada 2 sebutan untuk gunung ini. Gunung Krakatau yang mempunyai ketinggian 813 meter dpl yang meletus dengan sangat dashyat pada tahun 1883. Dan gunung yang di sebut sebagai Anak Krakatau yang muncul 40 tahun setelah letusan yang saat ini telah mencapai ketinggian 230 meter dpl.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers