Chemistry, Reaksi Kimia dan perubahan Materi

Chemistry atau ilmu Kimia adalah bagian dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi. Objeknya meliputi sifat-sifat materi, komposisi, struktur dan perubahan yang dialaminya serta energi yang timbul atau diserap selama terjadi perubahan.

Perubahan materi dapat di kenal dari adanya sifat yang dimilikinya. Perubahan materi biasanya di ikuti dengan perubahan energi. Pada dasarnya ada dua macam perubahan materi.
1. Perubahan Fisika, yaitu perubahan materi tanpa disertai perubahan susunan zat sehingga tidak menghasilkan zat baru. Contoh: air yang mendidih,  besi yang memuai
2. Perubahan Kimia, yaitu perubahan materi disertai dengan perubahan susunan dan sifat-sifat zat sehingga menghasilkan zat baru. Contoh: besi berkarat, mercon meledak, kayu di bakar dll,

Perubahan Kimia di sebut juga reaksi kimia. Beberapa peristiwa reaksi kimia dan merupakan tanda-tanda berlangsungnya suatu reaksi adalah sebagai berikut:
  • Pembentukan endapan, zat baru yang sukar larut dalam air
  • Pembentukan gas, zat baru yang terbentuk berupa gelembung-gelembung gas yang kadang-kadanf berbau.
  • Perubahan warna, zat baru yng terbentuk warnanya berbeda dengan warna zat semula
  • Perubahan suhu, pada saat reaksi berlangsung terjadi perubahan energi panas. Suatu reaksi yang menyebabkan kenaikan suhu di sebut reaksi eksoterm, sedangkan yang menyebabkan penurunan suhu di sebut reaksi endoterm.

Comments
1 Comments

1 comments:

yudhaardiansyah said...

kita juga punya nih artikel mengenai reaksi kimia, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3106/1/IMG_0001.pdf

Followers