Fase Bulan

moonconection.com
secara garis besar bulan memiliki 4 fase, yaitu:
  • Fase Bulan baru (new moon)
  • Fase Bulan Sabit (Crescent Moon)
  • Fase Bulan Separuh (Half Moon)
  • Fase Bulan purnama (full moon)

terjadi saat bulan berkonjugasi dengan bumi dan matahari pada satu garis lurus sehingga bagian gelap dari bulan menghadap kebumi. Dalam ilmu Hisab fase ini biasa di sebut dengan Ijtimak.

terjadi pada saat Bulan berada pada posisi antara 0-90 derajat dengan bumi dan matahari sehingga hanya sebagian lecil saja permukaan bulan yang tersinari oleh matahri dan terlihat dari bumi. Fase bulan sabit ini terjadi dua kali yaitu pada First Quarter yang terjadi sebelum fase Half moon dan Third Quarter yang terjadi sebelum fase New Moon.

atau biasa disebut dengan Fase Quarter (Seperempat) yang terjadi saat posisi Bulan, Bumi dan Matahari membentuk sudut  antara 90 derajat sehingga kita melihat persis separuh bagian bulan yang disinari matahari dan separuh bagian lagi gelap. Fase Quarter terbagi menjadi 2 yaitu First Quarter (Quarter pertama) yang terjadi setelah fase Bulan Sabit serta Third Quarter yang terjadi setelah fase Bulan Purnama (Full Moon).

adalah fase yang paling indah dari bulan dimana seluruh permukaan bulan yang menghadap ke bumi sepenuhnya tersinari oleh matahari. Pada Fase bulan purnama inilah yang terkadang terjadi gerhana bulan yaitu jika cahaya matahari terhalangi oleh bumi.

Comments
1 Comments

1 comments:

Mimpi Siang Bolong said...

Kenapa terjadi perbedaan?
Apakah hanya karena masalah new moon dan new crescent moon?
Salam.

Followers