Jenis - jenis Paragraf | Bahasa dan Sastra Indonesia

Jenis-jenis Paragraf

Paragraf atau Karangan merupakan suatu karya tulis yang berisi tentang ungkapan perasaan, ide, gagasan, ajakan atau gambaran tentang suatu peristiwa yang di tuangkan dalam betuk tulisan untuk dibaca dan dipahami oleh pembacanya.

Jenis-jenis Paragraf ada 5

1. Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Dalam karangan atau paragraf narasi terdapat alur cerita, tokoh, setting, dan konflik. Paragraf naratif tidak memiliki kalimat utama karena setiap kalimat saling mendukung satu sama lain.

2. Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi adalah salah satu jenis karangan yang melukiskan suatu objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, merasakan, mencium secara imajinatif apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dicium oleh penulis tentang objek yang dimaksud.

3. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraph yang berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca.

4. Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi adalah paragraf atau karangan yang membuktikan kebenaran tentang sesuatu dengan memberikan bukti dan alasan-alasan yang mendukung ide atau gagasan tersebut yang biasanya di akhiri dengan sebuah kesimpulan. Kesimpulan ini yang membedakan argumentasi dari eksposisi.

5. Paragraf Persuasi

Paragraph persuasi adalah paragraph yang bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Menganjak pembaca melakukan apa yang dituliskan oleh pengarang dengan pendekatan yang persuasif yang di sertai dengan bukti-bukti dan alasan sebagai penguat agar pembaca menjadi tertarik.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers