Ekosistem - Bioma - Habitat dalam Ilmu Ekologi | Science and Biology

Ekosistem - Bioma - Habitat dalam ilmu Ekologi

merupakan satu pokok pembicaraan yang saling berkaitan dan tidak terpisahkan. Jika ingin berbicara tentang Ekosistem, maka yang termasuk didalamnya adalah termasuk Bioma dan Habitat. Sebagai salah satu cabang ilmu Biology, ilmu Ekologi yang mencangkup tentang Ekosistem - Bioma - Habitat menjadi pokok pelajaran yang tidak bisa disepelekan.

Sebagai tempat tinggal makhluk hidup, Ekosistem memegang peranan penting dalam mempelajari ilmu Biology secara umum dan ilmu Ekologi secara spesifik. Dasar dari ilmu ekologi itu sendiri adalah ekosistem. Karena sesuai dengan penjabaran ilmu Ekologi itu sendiri.

Ekologi berasal dari bahasa Yunani

yaitu Oikos yang artinya rumah, dan logos artinya ilmu. Jadi, ekologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya serta, dan, atau ilmu yang juga mempelajari tentang interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Yang perlu diketahui dalam mempelajari ilmu Ekologi secara garis besar antara lain:

1. Pengertian Ekosistem, Bioma dan Habitat

2. Komponen Pembentuk Ekosistem

3. Susunan Ekosistem

4. Macam-macam Ekosistem

5. Macam-macam Bioma

6. Macam-macam Habitat

Dengan mengetahui sedikit banyak tentang Ekosistem, Bioma dan Habitat setidaknya kita telah selangkah lebih tahu tentang ilmu Ekologi yang menjadi salah satu cara untuk kita beradaptasi dan berevolusi baik secara fisik, mental mauupun spiritual.

Begitu pentingnya suatu Ekosistem bagi kelangsungan hidup makhluk hidup, sehingga jika satu aspek saja rusak maka kelangsungan hidup makhluk hidup didalamnya pasti akan terganggu.

Related Post
Komponen Abiotik
Komponen Biotik

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers