Ekosistem : Pengertian Ekosistem dan Komponen Ekosistem | Science and biology

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu hubungan timbal balik antara makhluk hidup (biotik) dengan lingkungannya (abiotik) dalam suatu tatanan yang saling terkait secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi dan tidak terpisahkan. Makhluk hidup membutuhkan ekosistem untuk tumbuh dan berkembang, dan ekosistem membutuhkan makhluk hidup untuk kelangsungannya. Tanpa mahluk hidup ekosistem tidak wujud. Tanpa ekosistem makhluk hidup tidak bisa hidup.

Bumi sebagai suatu Biosfer mempunyai berbagai jenis ekosistem yang tersebar di seluruh bagian permukaannya. Suatu Ekosistem mempunyai unsur-unsur pembentuk yang mempunyai ciri khas tertentu yang menjadikannya special dan berbeda dengan ekosistem lainnya. Komponen pembentuk Ekosistem tersebut secara umum dibedakan menjadi dua komponen besar yaitu:

Komponen Pembentuk Ekosistem

1. Komponen Biotik yang mencangkup seluruh jenis dan ragam makhluk hidup yang terdapat dalam ekosistem tersebut.
2. Komponen Abiotik terdiri dari benda mati yang menjadi ciri dan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam suatu ekosistem.

Pengertian Ekosistem dan Komponen-komponen Ekosistem dapat dipelajari lebih lanjut melalui suatu Ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara makhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang disebut dengan nama ilmu EKOLOGI.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers