Jenis-jenis Pasta | Italian food | 1001 Recipes

Jenis-jenis Pasta dari masakan Italia

Pasta merupakan bahan pangan yang berasal dari Italia dan sering digunakan pada masakan khas Italia ( italian food ). Karena begitu terkenalnya sampai-sampai Italia dikenal sebagai negeri Pasta. Persis seperti Rendang yang identik dengan Padang atau Mpek-mpek yang identik dengan Palembang.
Dari seluruh penjuru dunia setidaknya ada 5 jenis pasta yang tersebar. Baik yang terkenal, popular hingga yang jarang dijumpai kecuali di tempat-tempat tertentu dan negeri asalnya. Dengan mengetahui jenis-jenis pasta, Anda akan tahu jenis pasta mana yang sesuai dengan selera Anda.

Jenis-jenis Pasta

Strand pasta ( Long noodles Pasta )

Strand pasta adalah pasta yang sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat dunia. Bentuknya panjang dan kaku seperti lidi. Dan yang paling terkenal dalam jenis strand pasta ini adalah Spagheti. Ukurannya sangat bervariasi, mulai dari yang sangat tipis hingga tebal seperti ciriole. Fusilli lunghi, bentuknya tebal. Pasta ini dapat berbentuk bulat atau persegi dan datar. Tipisnya pasta sangat lezat dengan penambahan saus, sedangkan pasta tebal biasanya disediakan dengan saus yang banyak pula.

Wide Strand Pasta ( Ribbon-cut Pasta )

Ribbon-cut Pasta bisa disebut juga pasta Pita. Pasta pita mirip dengan strand pasta hanya saja bentuknya sedikit pipih dan lebar, hampir mirip dengan Ramen Mie. Pasta pita berbentuk lebar dan datar dengan variasi yang sangat lebar dan sesuai dengan ukuran. pasta pita agak tipis, seperti linguine, pappardelle, dan fettuccine. Pasta pita yang paling lebar adalah lasagna.

Shaped Pasta

Pasta yang dibuat dalam berbagai bentuk, baik tradisional maupun bentuk modern. Shaped Pasta jika dilihat dari bentuknya sangat menarik dan artistik. Shaped Pasta dapat dibedakan menjadi 2.
  • Decorative shapes
  • Irregular shapes
Pasta alfabet, misalnya, adalah pasta untuk makanan yang cocok untuk anak-anak. Rotini berbentuk seperti dasi kupu-kupu, mirip fusillli.

Tubular Pasta ( Short-cut extruded pasta )

Tubular pasta atau Tube pasta adalah salah satu jenis pasta yang sangat terkenal. Didalamnya termasuk minute Pasta seperti Ditali. Namun tetap saja yang paling berkesan adalah macaroni.

Stuffed Pasta

Stuffed pasta lebih sering ditemukan di restoran khusus pasta. Stuffed Pasta biasanya di isi dengan berbagai macam filling seperti daging, keju, makanan laut, dan ataupun sayuran segar. Salah satu contohnya adalah ravioli ataupun agnolotti yang bentuknya seperti bulan separuh.

Dari sekian jenis-jenis pasta diatas, manakah pasta yang menjadi favorit anda? Kalau saya... hurm... pasta nya korean drama di Indosiar.. he2

Related Post
bentuk-bentuk pasta.
Pasta oh Pasta
Korean Drama Pasta

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers