Komponen Ekosistem : Komponen Biotik | Science and Biology

Komponen pembentuk Ekosistem secara umum terdiri dari 2, yaitu

Komponen Biotik

sebutan untuk berbagai jenis makhluk hidup yang ada di dalam suatu ekosistem. Biotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Komponen biotik adalah suatu komponen yang menyusun suatu ekosistem selain komponen abiotik (tidak bernyawa). Masing-masing komponen memiliki peranan yang erat kaitannya dalam pemenuhan kebutuhan akan makanan.Berdasarkan peran dan fungsinya, makhluk hidup dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
  • Produsen
  • Konsumen
  • Dekomposer

1. Produsen

Dalam ekosistem Organisme Autotrof adalah produsen. Tumbuhan adalah organisme autotrof yaitu organisme yang dapat mengubah senyawa anorganik menjadi senyawa anorganik melalui proses fotosintesis. Semua tumbuhan hijau adalah produsen dimana dengan bantuan sinar matahari dan CO2 (karbon dioksida), zat hijau daun yang dimilikinya (klorofil) dapat diubah menjadi karbohidrat. Di dalam ekosistem air yang berperan sebagai produsen adalah fitoplankton, yang merupakan tumbuhan hijau yang amat kecil yang melayang-layang di dalam air. Fitoplankton selalu menghasilkan berton-ton makanan yang menjadi sumber makanan bagi hewan-hewan air yang lain.

2. Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang dapat beratahan hidup dengan mengambil makanan dari makhluk hidup lainnya karena tidak dapat memproduksi makanan sendiri atau biasa juga disebut sebagai organisme heterotrof. Organisme heterotrof terdiri dari organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai makanannya. Komponen heterotrof disebut juga konsumen mikro (fagotrof) karena makanan yang dimakan berukuran lebih kecil .

 Manusia dan hewan tidak dapat membuat makanan sendiri karena itu disebut konsumen. Konsumen sangat tergantung pada produsen, begitu juga sebaliknya, konsumen mempengaruhi kelangsungan hidup produsen. Karbon dioksida (CO2) dari sisa pernapasan hewan dan manusia dibutuhkan tumbuhan untuk proses fotosintesis (membuat makanan). Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
  • Herbivora adalah hewan yang hanya memakan tumbuhan sebagai sumber pangannya.
  • Carnivora adalah hewan yang memakan hewan lainnya.
  • Omnivora adalah hewan pemakan segala. baik tumbuhan maupun hewan. Salah satu jenis dari konsumen Omnivora ini adalah manusia.

3. Dekomposer atau pengurai

Pengurai atau dekomposer adalah organisme yang menguraikan sisa-sisa bahan organik yang berasal dari organisme mati. Pengurai berfungsi sebagai perantara peredaran zat dari konsumen ke produsen. Zat yang telah diambil oleh konsumen dari produsen akan kembali lagi ke produsen melalui proses penguraian oleh organisme dekomposer.

Dengan peristiwa pembusukan ini, zat-zat yang dulu menjadi bagian dari tumbuhan dan hewan diuraikan dan dirombak hingga menghasilkan senyawa anorganik yang lebih sederhana . Hasilnya digunakan kembali oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang serta membuat makanan. Pengurai terdiri atas makhluk hidup berukuran kecil yang hidup di tanah, air, maupun di udara. Contohnya antara lain cacing, bakteri, jamur etc.

Komponen Biotik dalam ekosistem inilah yang menjamin kelangsungan kehidupan dalam ekosistem. Siklus hidup antara produsen=> komsumen=> dekomposer =>produsen selalu berjalan berkesinambungan dan tidak terputus.  Kegiatan membuat makanan dan kegiatan makan memakan membutuhkan dukungan dari seluruh komponen dalam ekosistem untuk menjayakannya. Salah satu saja komponen pembentuk ekosistem tidak mendukung, maka komposisi ekosistem akan berubah yang dapat berakibat pada ketidak seimbangan alam dan mengganggu kelangsungan makhluk hidup yang menghuninya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers