Manfaat Jeruk Nipis | Kegunaan Jeruk Nipis | Khasiat Jeruk Nipis | Khasiat Buah-buahan

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis

atau kegunaan jeruk nipis sangat banyak dan beragam. Dari bahan pembuat minuman, bahan tambahan untuk hidangan dan masakan, untuk obat bahkan untuk perawatan kecantikan. Jeruk nipis mengandung vitamin C lebih tinggi dan efektif untuk obat batuk dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Begitu banyaknya manfaat dan kegunaan jeruk nipis, membuat buah dari jenis jeruk-jerukan ini terkenal sampai kemanca negara. Biarpun rasanya asam, tapi disayang dan banyak dicari orang.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia)

adalah buah yang memiliki rasa asam dan agak pahit. Manfaat jeruk nipis dan Khasiat Jeruk Nipis yang umumnya kita ketahui selama ini hanyalah untuk menghilangkan bau amis atau menjadi penyedap makanan, namun ternyata manfaat jeruk nipis ini sangat banyak dan beragam. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis yang dalam kehidupan kita sehari-hari.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Jeruk nipis berkhasiat bagi wajah Anda, beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah antara lain adalah sebagai berikut:
  • Jeruk nipis dapat membuat kulit wajah lebih halus.
  • Jeruk nipis bisa membuat kulit wajah lebih putih secara alami.
  • Jeruk nipis dapat mempercantik kulit.
  • Jeruk nipis bermanfaat merapatkan pori – pori.
Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis bagi wajah Anda sebagaimana yang saya sebutkan diatas, resepnya adalah sebagai berikut : Sediakan jeruk nipis yang masih segar, lalu belah menjadi dua bagian. Laluusapkan daging jeruk nipis ke kulit wajah, hidung, dan pipi yang memiliki pori-pori besar.Usapkanpula daging jeruk nipis tersebut ke bagian wajah yang kasar dan kusam. .

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Selain untuk wajah, jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan.
  • Jeruk nipis dapat membuat kuku bersih dan cemerlang: Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis untuk membersihkan dan menggosok kuku Anda yang kusam.
  • Memperindah rambut apabila rambut Anda berminyak, berketombeh dan mudah kotor, Anda dapat mencucinya menggunakan air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis ini dapat membuat rambut Anda menjadi halus, lembut, dan berkilau.
  • Menghilangkan Ketombe, Anda juga dapat menghilangkan ketombe pada rambut dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis ke kulit kepala dan tunggu selama 20-30 menit, setelah itu ber keramaslah. Setelah Anda melakukan resep ini sebanyak 2-3 kali, Insya Allah rambut atau kulit kepala Anda akan terhindar dari ketombe.

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Jerawat

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di wajah. Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu sebagai masker.Air perasan jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah, sedangkan kandungan antiseptik yang terdapat pada madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk menghilangkan bau amis

Biasa digunakan saat memasak ikan dan mencuci alat-alat memasak.
  • Cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan cara menetesi ikan yang telah digoreng dengan beberapa tetes cairan jeruk nipis sebelum dimakan, Selain untuk memperkaya cita rasa, akan dapat mengurangi rasa amisnya.
  • Cara menghilangkan bau amis saat mencuci alat -alat memasak (piring/gelas dll) yaitu dengan cara memasukan kulit jeruk nipis yang telah diperas bersama rendaman air sabun yang akan digunakan untuk mencuci alat-alat dapur tersebut.

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan:

  • Mengurangi rasa mual dan mabuk. Biasanya diminum sebelum melakukan aktifitas dan harus sesudah makan. Jika tidak suka dengan rasa asamnya bisa di campur dengan gula agar terasa manis.
  • Untuk meredakan  penyakit seperti batu ginjal, darah tinggi dan satu lagi BATUK ! karena jeruk nipis mempunyai kadar kandungan asam nitrat. Caranya dengan mencampurkan air dan jeruk nipis diperas lalu diminum setelah makan.
  • Mengurangi rasa capek karena otot pegal dan tegang serta menghilangkan kotoran. Caranya dengan merendam kaki di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan jeruk nipis.
  • Untuk perawatan kulit, bisa menambah kecantikan kulit, memutihkan kulit wajah secara alami, merapatkan pori – pori kulit dan yang terpenting adalah menghaluskan wajah. Caranya dengan menggosokan jeruk nipis ke daerah kulit yang berpori – pori besar dan bagian kulit yang kasar dan kusam. Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yg maksimal.
collections| : Wikipedia.com , Omdimas.com, hanyaperempuan.com, bianglala.com etc

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers