Jenis-jenis alat Telekomunikasi

Alat-alat komunikasi

adalah alat-alat yang butuhkan untuk melakukan dan melancarkan suatu komunikasi. Seiring dengan perkembangan zaman, alat-alat komunikasi pun semakin berkembang. jenisnya semakin banyak dan semakin canggih.

Komunikasi

adalah kegiatan pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih dengan cara yang tepat sehingga pesan yang disampaikan bisa dipahami. Kegiatan komunikasi dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Komunikasi langsung terjadi ketika seseorang ingin menyampaikan pesan dengan cara berbicara atau memberi tanda isyarat kepada orang lain yang dilakukan secara langsung dan saling bertemu muka tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.
  2. Komunikasi tidak langsung terjadi jika seseorang membutuhkan perantara untuk menyampaikan pesannya dimana karena ada batasan tempat dan waktu. Komikasi tidak langsung inilah yang membutuhkan alat-alat telekomunikasi

Jenis-jenis alat komunikasi

1. Surat
Adalah cara komunikasi melalui tulisan. Surat adalah alat telekomunikasi tertua didunia. Dahulu kala orang menulis surat pada daun lontar, batu, tanah liat atau kulit binantang untuk menyampaikan pesan. Surat sangat berkaitan erat dengan kantor pos (Pos Office). Jasa pengiriman surat melalui kantor pos adalah yang paling terjamin keamanannya dan termurah biayanya.
2. Telegram (kabar kawat)
Telegram adalah berita yang dikirim melalui telegraf. Telegraf merupakan alat untuk mengirim berita cepat ke tempat yang jauh melalui kawat dengan bantuan kekuatan listrik. Karena itu Telegram sering pula disebut sebagai kabar kawat.
3. Telepon
telepon atau Telpon adalah alat yang digunakan untuk bercakap-cakap antara dua orang atau lebih yang berjauhan jaraknya. Berdasarkan jaringannya, Telepon dibedakan menjadi 2, yaitu:
  • Telepon kabel, yaitu telepon yang menggunakan kawat dan tenaga listrik. Jenis telepon kabel ini antara lain: Telpon rumah, telpon koin dan telpon kartu.
  • Telepon tanpa kabel atau telepon seluler, yaitu telepon yang menggunakan batterey dan menerima suara menlalui sinyal.
4. Radio
Radio adalah pengiriman suara atau bunyi melalui udara. Saat ini sudah ada radio satelit yang cangkupannya siarannya sangat luas karena dipancarkan oleh satelite comunication.
5. Televisi
Televisi hampir sama dengan radio. Hanya saja jika radio hanya mengirimkan suara, televisi menampilkan gambar juga.
6. Faximilie
Faximili hampir sama dengan mesin fotocopy. Hanya saja  hasilnya bisa diterima di tempat lain. Untuk bisa bekerja faksimili harus mempunyai jaringan telepon yang tersambung.
7. Internet
internet merupakan alat komunikasi yang tercanggih saat ini. Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung dengan jaringan-jaringan komputer lainnya di dunia. Melalui Internet segala macam informasi dapat diperoleh. Mengetahui sesuatu semudah menjentikan jari. Selain itu dapat juga berkomunikasi secara langsung meski jarak terentang begitu jauh.

Dari ke tujuh jenis alat-alat telekomunikasi diatas, manakah yang menjadi favoritmu? menulis surat? E-mail? atau Ponsel??? Apapun bentuknya, hanya satu yang pasti bahwa komunikasi mendekatkan tali silahturahmi. Semoga bermanfaat!.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers