P3K tertelan bahan kimia berbahaya | Keracunan Bahan Kimia

P3K Keracunan bahan kimia

terutama jika tertelan bahan kimia baik yang berupa Asam, Alkali, Garam ataupun logam sangat penting untuk diketahui. Pengetahuan P3K ini sangat penting sekali untuk diketahu sebagai langkah awal untuk usaha penyelamatan sebelum bantuan medis datang.

Keracunan bahan kimia

saat bekerja di laboratorium sangat mungkin terjadi. Bahkan setelah usaha pencegahan dilakukanpun, suatu kecelakaan dapat saja terjadi. Berikut ini adalah langkah-langkah pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) jika tertelan /termakan/terminum bahan kimia berbahaya. Seperti P3K tertelan Asam, P3K tertelan alkasi, P3K tertelan Garam dan P3K tertelan logam.

Langkah-langkah P3K tertelan bahan kimia

1. Sesegera mungkin beri minum air atau susu 2-4 gelas untuk menetralisir racun yang tertelan. Namun apabila korban pingsan, jangan sekali-kali memberikan sesuatu melalui mulut.

2. Usahakan agar korban muntah dengan segera. Cara merangsang muntah dapat dilakukan dengan berbagai cara, antar lain: memasukan jari kemulut hingga menyentuh tekak, mengerak-gerakan jari kepangkal lidah, atau memberikan air garam hangat. Ulangi pemuntahan sampai cairan menjadi jernih. Note: Jangan ulangi pemuntahan jika korban tertelan minyak tanah, bensin, asam atau alkali kuat.

3. Berilah antidote yang cocok dengan bahan racun yang tertelan. Kalau tidak diketahui, berilah satu sendok antidote umum dalam segelas aur hangat. Bubuk antidote umum terbuat dari:
  • 2 bagian arang aktif (roti yang gosong)
  • 1 bagian magnesium oksida ( milk of magnesia)
  • 1 bagian asam tannat ( teh kering )
Berikut ini pertolongan pertama / P3K jika tertelan bahan-bahan kimia sebagai berikut:
  1. P3K tertelan Asam  Korosif seperti asam asetat, asam khlorida, asam laktat, asam nitrat, asam phosphat, asam sulfat, dll.  Langkah P3K nya adalah dengan memberikan bubur alumunium hidroksida atau milk of magnesia dan diikuti dengan susu atau putih telur yang dikocok dengan air.   Hindarkan pemberian karbonat atau soda kue karena dapat mencelakakan.
  2. P3K tertelan Alkali seperti amonia, amonium hidroksida, kalsium oksida, kalium hidroksida. soda abu, dll. Langkah P3K nya adalah dengan memberikan cairan asam asetat encer (1%), cuka (encer 1:4) asam sitrat (1%) atau air jeruk. Lalu lanjutkan dengan meminum air susu atau putih telur.
  3. P3K tertelan Garam Arsen. Langkah P3K nya adalah dengan pemuntahan lalu meminumkan / memberikan milk of magnesia.
  4. P3K tertelan Logam seperti Cadmium, timah, bismuth dll. Langkah P3K nya dengan memberikan antidote umu, susu atau putih telur.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers