Prosedur Analisa Penentuan Asam Lemak Bebas (FFA)

Prosedur analisa penentuan asam lemak bebas pada dasarnya hampir sama dengan analisa penentuan bilanggan asam atau angka asam. Seperti diketahui, analisa bilangan asam betujuan untuk mengukur kadar asam lemak bebas dalam suatu bahan pangan dengan melihat jumlah KOH yang digunakan.
Prosedur analisa penentuan asam lemak bebas
  • Sample bahan yang akan dianalisa harus dalam keadaan cair lalu timbang sebanyak kurang lebih 28,2 g dalam labu Erlenmeyer. Tambahkan 50 ml alkohol netral yang panas dan 2 ml indikator Phenolphthalein (PP)
  • titrasilah dengan larutan 0,1 N NaOH yang telah distandardisir sampai warna merah jambu tercapai dan tidak hilang selama 30 detik.
  • Persen asam lemak bebas disesuaikan dengan sample yang digunakan. Untuk kebanyakan lemak dan minyak iasanya di nyatakan sebagai oleat, untuk minyak kelapa dan minyak inti kelapa sawit dinyatakan sebagai laurat dan minyak kelapa sawit dinyatakan sebagai palmitat. Berikut ini adalah berat molekul dari beberapa jenis asal lemak bebas tersebut diatas.
Jenis asam lemak           Berat molekul
Palmitat                            256           
Laurat                              200           
Oleat                                282           
Linoleat                            278           

  • Rumus perhitungan penentuan asam lemak bebas (FFA)
%FFA = {(ml NaOh x N x berat molekul asam lemak) / (berat sample x 1000)} x 100

Pengecualian untuk analisa asam lemak bebas dan analisa penentuan angka asam dapat dilakukan dengan mengkonversi hasil dari salah satu analisa. Caranya adalah:

1. Cara merubah Angka Asam menjadi %FFA (Free fatty Acid)adalah dengan mengalikan berat molekul asam lemak denga berat molekul KOH
= Angka Asam x (Berat molekul asam lemak :10 / Berat molekul KOH)

2. Cara merubah %FFA menjadi Bilangan asam adalah
= %FFA x (berat molekul KOH / berat molekul asam lemak:10)

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers