Proses Pernafasan pada manusia | Sistem Respirasi

Proses Pernafasan

adalah proses atau suatu kinerja yang dilakukan oleh alat-alat pernafasan secara sistematis dengan cara menghirup dan mengembuskan udara. Udara yang dihirup bukan sembarang udara tapi gas oksigen yang setelah dihirup akan mengalami pembakaran dan menghasilkan gas Karbondioksida sebagai residunya.

Proses pernafasan diatur oleh otot diafragma dan otot diantara tulang rusuk. Pada saat menarik nafas, otot diafragma mengerut yang menyebabkan diafragma mendatar sehingga rongga dada membesar dan udara masuk memenuhi paru-paru. Proses masuknya udara kedalam alat-alat pernafasan disebut Inspirasi.

Ketika udara yang kita hirup sampai di Alveolus, oksigen (O2) melewati dinding kapiler darah dan diikat oleh Hemoglobin lalu diedarkan keseluruh tubuh. Pada proses pembakaran dalam tubuh dengan menggunakan oksigen dihasilkan energi dan kabondioksida (CO2). Co2 dari hasil proses pembentukan energi tersebut kemudian dikat kembali oleh Hemoglobin dan dibawah kembali keparu-paru untuk dikeluarkan kembali keudara bebas. Begitu seterusnya.

Proses pembuangan CO2 yang terjadi saat mengembuskan nafas. Pada saat menghembuskan nafas, otot diafragma dan otot antar tulang rusuk mengendur yang mengakibatkan rongga dada mengecil dan paru-paru mengempis sehingga CO2 dalam paru-paru terdorong keluar. Proses pengeluaran CO2 dengan cara menghembuskan udara inilah yang disebut dengan Ekspirasi.

Jadi kesimpulannya, proses pernafasan adalah proses yang terjadi saat menghirup nafas (Inspiras) dan saat menhembuskan nafas (Ekspirasi)

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers