Caviar | Makanan Lezat dari Telur Ikan

Caviar

Caviar Setiap orang pasti pernah mendengar tentang Caviar namun tidak semua pernah mencicipinya atau tahu dari bahan apa dibuatnya. Caviar adalah makanan lezat dan mahal yang dibuat dari telur ikan Sturgeon species liar yang hidup di sekitar laut Kaspia, Mediterania ataupun Laut Hitam. Namun karena ikan Sturgeon liar sudah hampir punah, maka ikan Sturgeon penghasil Caviar ini mulai di budidayakan di negara-negara besar penghasil Caviar seperti Amerika, Rusia, Iran, dll. Caviar hanya sebutan bagi telur ikan yang dihasilkan dari species Acipenseriformes (termasuk Acipenseridae, atau sturgeon stricto sensu, dan Polyodontidae atau paddlefish). Selain dari jenis ikan diatas, telur ikan yang dihasilkannya tidak dapat disebut Caviar, tetapi disebut sebagai penganti Caviar.

Caviar sangat mahal harganya. Pada tahun 2009, 1 kg Caviar dapat mencapai US$ 8.000,- hingga US$ 16.000,- sesuai dengan kualitasnya. Jenis-jenis Caviar berkualitas tingi yang ada di pasaran antara lain Beluga, Ossetra dan Sevruga caviars. Dari segi harga dan Kualitas, jarang sekali ada yang bisa menandingi Caviar Beluga yang di produksi dari Sturgeon Beluga yang terancam punah. Karena itu untuk menjaga kelestarian ikan Sturgeon, beberapa tahun terakhir ini terjadi larangan untuk menjual dan memberi Caviar asli dari ikan Sturgeon. Sehingga muncul Caviar-caviar pengganti yang dihasilan dari berbagai jenis ikan selain dari jenis Sturgeon.

Caviar imitasi atau Caviar Pengganti ini dapat berasal dari telur ikan Trout, Cod, Salmon dan lain-lain. Meski dari segi kualitas dan rasa tidak ada yang bisa menyamai Caviar, tapi Caviar imitasi ini mampu mengantikan kedudukan Caviar sebagai bahan untuk memperindah makanan (Garnishing). Seperti di jepang, Salmon Roe yang di sebut Ikura sering terlihat sebagai penghias sushi.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers