Jenis-jenis Batuan Metamorf

Batuan Metamorf adalah batuan Protolith yang mengalami transformasi atau metamorfisme karena adanya panas yang sangat tinggi dan tekanan yang sangat ekstrem.  Protolith dapat berupa batuan sedimen, batuan beku, atau batuan metamorf lain yang lebih tua. Contoh batuan metamorf antara lain adalah gneis, batu sabak, batu marmer, dan skist. Hampir sama dengan jenis batuan lain batuan metamorf mempunyai karakteristik dan klasifikasi tersendiri. Untuk mengetahui karakteristik dan klasifikasi batuan metamorf dapat dibaca artikelnya di Karakteristik dan Klasifikasi Batuan Metamorf

Jenis-jenis batuan metamorf  berdasarkan proses terjadinya:

a. Batuan Metamorf Kontak
Batuan yang mengalami metamorfose sebagai akibat dari adanya suhu yang sangat tinggi (sebagai akibat dari aktivitas magma). Contohnya batu kapur (gamping) menjadi marmer.
b. Batuan Metamorf Dinamo
Batuan yang mengalami metamorfose sebagai akibat dari adanya tekanan yang tinggi (berasal dari tenaga endogen) dalam waktu yang lama. Contohnya batu lumpur (mud stone) menjadi batu tulis (slate).
c. Batuan Metamorf Kontak Pneumatolistis
Batuan yang mengalami metamorfose sebagai akibat dari adanya pengaruh gas-gas yang ada pada magma. Contohnya kuarsa dengan gas fluorium berubah menjadi topas.

Inilah tado artikel tentang Jenis-jenis batuan metamorf , semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers