7 Hewan Purba yang Hidup di Air

Hewan Purba yang hidup di air jumlahnya tidaklah banyak. Namun cukup untuk membuat kita terkagum-kagum melihatkeberadaanya. Bayangkan Hewan purba yang hidup di air ini beraneka ragam jenis. Ada yang seperti kalajengking, buaya namun lebih banyak dari mereka berjenis seperti ikan. Berikut ini 7 Hewan purba yang hidup di air.
7 Hewan Purba yang hidup di Air
1. Sturgeon
adalah hewan purba yang dari jenis ikan yang masih hidup hingga sekarang. Sturgeon merupakan salah satu ikan langka hewan purba yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dari telurnya yang terkenal yaitu Caviar. Meski banyak di buru dan dibunuh, ternyata Sturgeon masih bisa bertahan hingga sekarang.
2. Basilosaurus
Basilosaurus adalah hewan purba hidup dalam air. Bentuknya seperti sekilas seperti kadal namun berukuran sangat besar. Basilosaurus ini berasal dari genus Cetacean yang hidup pada kurang lebih 40 juta tahun yang silam.Meski bentuknya seperti kadal, tetapi Basilosaurus ini mempunyai sirip yang dapat membuatnya hidup diair.
3. Jaekelopterus rhenaniae
atau dikenal juga sebagai Sea Scorpion (kalajengking laut). Meski namanya Sea Scorpion, namun menurut penelitian, Jaekelopterus rhenaniae hidup di perairan air tawar seperti danau dan sungai.
4. Giant Stingray
Juga merupakan salah satu dari Hewan purba yang hidup hingga saat ini. Giant Stingray atau ikan pari ini adalah satu-satunya ikan pari yang terbesar dan paling berbahaya. Dengan ekor yang panjang seperti cemeti, ikan ini dapat menyengat mangsanya dengan sekali pecutan.
5. Magalodon
Adalah species hiu purba yang pernah hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun yang lalu. Hiu ini berukuran sangat besar. Bahkan lebih besar dari sebuah kapal pesiar berukuran sedang. Jika dilihat dari anatominya, Megalodon ini lebih mirip dengan hiu putih. Dengan gigi yang tajam dan rata seperti gergaji siap mencabik-cabik mangsa tanpa ampun.
6. Helicoprion
Sejenis Hiu yang hidup sekitar 300 tahun yang lalu. Bentuknya sangat unik dan menyeramkan. Ikan hiu Helicoprion ini berbeda sekali dengan jenis-jenis hiu lainnya. Rahang atasnya sangat sempit namun rahang bawahnya begitu panjang dan bisa digulung mengeluarkan gigi-giginya yang tajam berbentuk seperti gergaji.
7. Polypterus Senegalus
adalah ikan purba langkah yang berasal dari Afrika. Termasuk dalam Familia Binchir (sejenis ikan-ikanan).  Ikan langkah ini dikenal juga sebagai belut dinosaurus, karena bentuknya yang panjang dan lonjong mirip belut dan mempunyai punggung bergerigi seperti dinosaurus. Polypterus Senegalus termasuk hewan langkah yang dilindungi. Namun sering juga diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan yang eksoktis dan menarik.  Ikan purba ini bernafas dengan insang namun dapat juga hidup di luar air dan bernafas dengan kulit selama permukaan kulit masih basah.

Itulah tadi 7 hewan purba yang hidup diair. Semoga bermanfaat!

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers