Benua Asia : Bentang Alam dan Letak Geografis Benua Asia

Peta Asia Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Benua Asia sebagai benua terbesar di dunia juga merupakan benua yang mempunyai populasi terpadat di dunia. Benua Asia memiliki wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi dan terdiri dari 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik. Bahkan menurut badan statistik dunia, sekitar 60% populasi dunia tinggal di Benua  Asia.

Bentang Alam dan batas-batas Benua Asia

Benua Asia sebagai benua terbesar di dunia memiliki luas kurang lebih 44.000.000 km2 atau hampir sepertiga luas daratan di permukaan bumi. Berikut ini informasi sekilas tentang benua asia, batas-batas wilayah atau letak geografisnya,  serta bentang alam benua Asia.

1. Letak geografis dan Batas-batas  wilayah Benua Asia

Secara geografis, letak Benua Asia adalah antara 11 LS – 70 LU, dan 26 BT – 171 BB. Sedangkan batas-batas wilayah benua asia adalah:

  • Batas benua asia sebelah Utara       : Laut Arktik
  • Batas benua asia sebelah Selatan    : Samudra Hindia
  • Batas benua asia  sebelah Timur      : Samudra Pasifik, Selat Bering
  • Batas benua asia sebelah Barat        : Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural

2. Bentang  Alam Benua Asia

Bentang alam benua Asia meliputi :

a. Kepulauan

kepulauan yang ada di Benua Asia antara lain Kepulauan Filipina, Kepulauan Indonesia, Kepulauan Maladewa, dan Kepulauan Jepang.

b. Pegunungan

Rangkaian Pegunungan yang terdapat di Asia, antara lain Pegunungan Hindukush, Pegunungan Tianshan, Pegunungan Korakoram, dan Pegunungan Himalaya. Pegunungan Himalaya merupakan Pegunungan tertinggi di dunia dengan puncaknya adalah Mount Everst (8.848 meter).

c. Dataran Tinggi

Dataran tinggi di Asia terdapat didaerah, antara laian Dataran tinggi Iran, Dataran Tinggi Tibet, Dan dataran Tinggi Khasmir. Dataran Tinggi Khasmir merupakan dataran  tinggi tertingi di dunia, dan mendapat julukan Atap Dunia.

d. Gurun

Gurun yang ada di Benua Asia, antara lain Gurun Arabia di Asia Barat serta Gurun Gobi dan Gurun Thar di Asia Tengah.

e. Sungai

Sungai besar di Benua Asia antara lain Sungai Indus (India), Sungai Gangga (India), Sungai Brahmaputera (India) dan Sungai Yang Tse (Cina), dll.

Itulah tadi sekilas tentang Benua Asia, letak geografis dan bentang alamnya. Untuk lebih detailnya tentang benua Asia, semoga bisa segera di rilis di entry selanjutnya. :) semoga bermanfaat.

Comments
1 Comments

1 comments:

sigaptek.com said...

thanks gan, artikelnya sangat bermanfaat

Followers