Besaran dan Satuan dalam Ilmu Fisika

Besaran dan satuan dalam Ilmu Fisika. Dalam Ilmu Fisika segala sesuatu yang ada di permukaan bumi ini mempunyai besaran dan satuan. Setiap benda mempunyai ukuran. Bahkan Udara yang tidak nampak sekalipun mempunyai besaran dan satuan yang dapat menjadi bukti-bukti keberadaannya.

Pengertian Besaran.

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka, misalnya panjang, luas, volume, dan kecepatan. Warna, indah, cantik bukan termasuk besaran karena ketiganya tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Besaran dibagi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

A. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Ada tujuh besaran pokok dalam Satuan Internasional (SI) dan 2 besaran tambahan
    Besaran PokokBesaran Tambahan
    1. Panjang
    2. Massa
    3. Waktu
    4. Kuat Arus
    5. Suhu ( temperatur )
    6. Intensitas Cahaya
    7. Jumlah Zat
    1. Susut Datar
    2. Sudut Ruang
B. Besaran Turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Besaran turunan mempunyai ciri khusus antara lain : diperoleh dari pengukuran langsung dan tidak langsung, mempunyai satuan lebih dari satu dan diturunkan dari besaran pokok. Besaran turunan banyak sekali jenisnya. Di bawah ini beberapa contoh dari besaran turunan
    Besaran Turunan
    1. Luas
    2. Volume
    3. Kecepatan
    4. Percepatan
    5. Gaya
    6. Usaha
    7. Energi
    8. Daya, dll.

Pengertian Satuan

Satuan adalah pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Satuan didefinisikan sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Setiap besaran mempunyai satuan masing-masing, tidak mungkin dalam 2 besaran yang berbeda mempunyai satuan yang sama. Apa bila ada dua besaran berbeda kemudian mempunyai satuan sama maka besaran itu pada hakekatnya adalah sama.

Dahulu kala, didunia ini ada berbagai sistim satuan. Ada Sistim British yang di gunakan di Inggris dan beberapa negara sekutunya. Ada juga sistim metrik/sistim dinamis yang digunakan di negara Prancis. Untuk menciptakan keseragaman satuan pengukuran maka di tetapkan sistim satuan dari suatu besaran yang disepakati secara International yang disebut dengan sistim Satuan Internasional (SI).  Satuan juga sama seperti besaran. Satuan di bagi menjadi 2 yaitu Satuan Pokok dan Satuan Turunan.

A. Satuan Pokok adalah satuan ukuran yang ditetapkan secara internasional untuk besaran pokok dan besaran tambahan. Besaran pokok ditentukan lebih dulu berdasarkan kesepatan para ahli fisika. Besaran pokok mempunyai ciri khusus antara lain diperoleh dari pengukuran langsung, mempunyai satu satuan (tidak satuan ganda), dan ditetapkan terlebih dahulu.
    BesaranSatuan
    Besaran Pokok
    1. Panjang
    2. Massa
    3. Waktu
    4. Kuat Arus
    5. Suhu ( temperatur )
    6. Intensitas Cahaya
    7. Jumlah Zat
    Besaran Tambahan
    1. Susut Datar
    2. Sudut Ruang


    Meter (m)
    Kilogram (kg)
    Detik (s)
    Ampere (A)
    * Kelvin (derajat Kelvin)
    Candela
    Mol

       Radian (rad)
       Steradian (Sr)
    B. Satuan Turunan adalah satuan ukuran untuk besaran turunan yang diturunkan dari satuan pokok
      Besaran Turunan                                 Satuan
      1. Luas                                     Meter Persegi ( m2)
      2. Volume                                Meter Kubik  (m3)
      3. Kecepatan                           Meter/detik (m/s)
      4. Percepatan                          Meter/detik kuadrat (m/s2)
      5. Gaya                                    Newton (N)
      6. Usaha                                  Joule
      7. Tekanan                              Newton/meter persegi  (N/m2)
      8. Daya, dll.                             Watt (W)
    Dengan adanya besaran dan satuan dalam ilmu fisika yang seragam maka diharapkan dapat mempermudah perhitungan antara berbagai negara di dunia. Besaran dan Satuan merupakan hal yang paling dasar sekali dalam ilmu Fisika. Sebelum melangkah lebih jauh dalam mempelajari ilmu fisika, seseorang harus mengetahui lebih dulu apa itu besaran dan satuan dalam ilmu fisika.

    Comments
    0 Comments

    0 comments:

    Followers