Arti Lambang Bendera PBB

Arti lambang Bendera PBB. Bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan sebuah lambang  yang menjadi pemersatu bagi para anggota organisasi dunia tersebut. Bendera PBB pertama kali digunakan pada 20 Oktober 1947. Bendera PBB berlatar belakang warna biru dengan warna lambang berwarna putih. Bendera PBB mempunyai dua gambar yang sangat penting yaitu gambar peta dunia dan untaian ratin pohon zaitun.

Arti lambang Bendera PBB

  1. bendera PBBWarna latar belakang Biru dan warna lambang yang berwarna putih. Warnba biru dan Putih merupakan warna-warna resmi dalam PBB.
  2. Gambar Peta Dunia melambangkan semua masyarakat dunia. Maksudnya adalah bahwa PBB adalah sebuah organisasi untuk seluruh negara-negara di dunia yang berdaulat.
  3. Gambar Untaian Ranting Zaitun melambangkan simbol perdamaian Dunia. Artinya, PBB menjaga dan mengupayakan untuk terciptanya perdamaian di seluruh dunia.

Selain bendera PBB, organisasi dunia ini juga memiliki kurang lebih tujuh bendera turunan yang menjadi lambang bagi masing-masing organisasi dunia yang ada di bawah naungan badan dunia PBB. Dimana bendera-bendera tersebut mempunyai arti lambang sendiri-sendiri sesusai dengan bidang yang di tanganinya. 

Contohnya Bendera-bendera lambang organisasi dunia di bawah PBB.
1.  Bendera badan atom dunia (IAEA) mempunyai lambang untaian ranting zaitun dan model atom Rutherford ditengahnya.
2.  Bendera UNESCO mempunyai gambar kuil Yunani ditengahnya yang melambangkan Ilmu pengetahuan dan kebudayaan
3.  Bendera badan kesehatan dunia (WHO) mempunyai gambar ular yang melingkar di tongkat (Tongkat Asclepius) diatas lambang peta dunia dan dikelilingi oleh untaian ranting Zaitun. Tongkat asclepius merupakan lambang dari pengobatan dan tradisional medikal. dan masih banyak lagi.

Maing-masing dari bendera PBB mempunyai arti lambang yang mewakili tentang bidang yang ditanganinya. Demikian sekilas tentang arti lambang bendera PBB. Semoga bermanfaat.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers