Pengertian Ilmu Falak | Jenis-jenis Ilmu Falak dan Kegunaan Ilmu Falak

Pengertian Ilmu Falak dan Kegunaannya serta Jenis-jenis ilmu Falak.  Ilmu falak adalah istilah lain untuk Ilmu Astronomi. Ilmu falak dikenal juga sebagai Ilmu Bintang atau Ilmu Astronomi. Kata Falak berasal dari bahasa arab yang berarti  jalan atau lintasan atau peredaran. Yang dimaksudkan di sini adalah adalah peredaran bintang-bintang dan benda angkasa. Ilmu falak (astronomi) merupakan cabang ilmu pasti tertua yang banyak mendapat perhatian manusia sepanjang sejarah. Kegiatan ilmu falak sudah berkembang sejak jauh sebelum Islam datang. Pengetahuan manusia terhadap ilmu falak pada awalnya hanya sebatas pengamatan alami yang bersifat praktis-pragmatis yaitu mengamati terbit dan tenggelam benda-benda langit untuk kepentingan perjalanan, perdagangan, pertanian, menetapkan ritual-ritual agama & sosial, dan lainnya. Aktifitas praktis-pragmatis ini tak jarang juga dikaitkan dengan menelaah situasi alam dalam perspektif yang berbeda yaitu menghubungkannya dengan hal-hal yang bersifat abstrak-pragmatis seperti untuk meramal karakter & nasib seseorang atau sekelompok orang di masa depan yang dikenal dengan nujum atau astrologi. Karena itu pada perkembangannya Ilmu falak terbagi menjadi 2 yaitu ilmu astronomi dan ilmu Astrologi.

1. Ilmu Astronomi (Ilmu Falak ) adalah ilmu yang membahas kedudukan bintang-bintang, pergerakannya dengan perhitungan yang akurat dan berhubungan untuk menentukan masa / waktu dan bersifat keilmuan (Scientifik)
2. Ilmu Astrology (Ilmu Nujum )adalah ilmu yang membahas perhubungan pergerakan bintang-bintang dengan kelahiran, kematian, kebahagiaan dan kecelakaan,  kesehatan dan ramalan-ramalan nasib lain.

Ilmu falak sebagai ilmu Astronomi merupakan cabang keilmuan Islam yang memiliki posisi istimewa. Ilmu ini adalah cabang ilmu yang tidak banyak mendapat penentangan dari umat muslim karena peranannya yang demikian signifikan dalam penentuan waktu ibadah. Di abad pertengahan, selain disebut ilmu 'falak' dan 'haiah', ilmu ini di sebut juga ilmu observasi (ar-rashd) yang merupakan bagian integral dalam ilmu falak. Selain itu ilmu ini disebut juga ilmu waktu (miqat) karena ia berkaitan dengan penentuan waktu (khususnya waktu salat dan arah kiblat).

Jenis-jenis  ilmu falak

  1. Ilmu falak teoritis (falak 'ilmiy nazhary, theoritical astronomy)
  2. Ilmu falak praktis atau terapan (falak tathbiqi 'amaly, practical astronomy).

Kegunaan Ilmu Falak

Dalam kehidupan sehari-hari ilmu falak praktis atau terapan adalah yang paling sering di gunakan. Ilmu falak ini disebut juga ilmu hisab karena digunakan untuk penentuan waktu dalam pelaksanaan ibadah serta perhitungan untuk menentukan peristiwa-peristiwa alam lainnya. Dalam islam, Ilmu falak digunakan untuk menentukan:
  1. Penetapan awal-awal bulan kamariah,
  2. Penetapan waktu-waktu salat,
  3. Penentuan arah dan bayang kiblat,
  4. Penentuan terjadinya gerhana (baik gerhana matahari maupun gerhana bulan).
Itulah tadi sekilas tentang ilmu palak, pengertian Ilmu falak, Jenis-jenis ilmu falak dan kegunaanya ilmu falak dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk umat Islam.

Comments
0 Comments

0 comments:

Followers